Recent Posts

Tuesday, September 2, 2014

Kumpulan Koleksi Hadist Dhaif Populer

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم Pelajaran : MENGENAL DAN MENGETAHUI HADIST-HADIST PALSU TERKENAL (Masyur) di MASYARAKAT KITA ===... thumbnail 1 summary
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Kumpulan Koleksi Hadist Dhaif Terkenal

Pelajaran : MENGENAL DAN MENGETAHUI HADIST-HADIST PALSU TERKENAL (Masyur) di MASYARAKAT KITA
==================================================

Mengamalkan al-Quran dan as-Sunnah merupakan sumber hidayah, kunci keselamatan, dan penjaga dari kesesatan.

“Maka jika kalian berlainan pendapat tentang sesuatu, kembalikanlah ia kepada Alloh (al-Qur’an) dan Rosul (Sunnahnya), jika kalian benar-benar beriman kepada Alloh dan hari akhir.” (QS. an-Nisa’ [4]: 59)

“Apabila dikatakan kepada mereka: “Marilah kalian (tunduk) kepada hukum yang Alloh telah turunkan dan kepada hukum Rosul”, niscaya kamu lihat orang-orang munafik menghalangi (manusia) dengan sekuat-kuatnya dari (mendekati) kamu.” (QS. an-Nisa’ [4]: 61)

“Barangsiapa yang berdusta atas namaku dengan sengaja, maka hendaklah ia mengambil tempat duduknya di neraka“. [HR. Al-Bukhoriy dalam Shohih-nya(110), dan Muslim dalam Shohih-nya (3)

Namun ingat, jangan sembarang mengambil rujukan atau Hadits-hadits lemah (Dho’if) namun sayangnya telah tersebar di kalangan kaum muslimin banyak sekali, namun mereka tak sadar bahwa hadits-hadits Dho’if bukanlah berasal dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam, oleh karena itu kita tidak boleh berhujjah dan beramal dengan hadits dhoif tersebut.

Tuntutlah Ilmu Sampai ke Negeri Cina
Alasannya : terdapat seorang rawi pendusta, yaitu Ya’qub bin Ishaq Al-Asqalaniy. Jalur yang kedua, terdapat rawi yang suka memalsukan hadits, yaitu Al-Juwaibariy.

Mengusap Dahi dan Wajah Setelah Shalat
Alasannya : Cacatnya hadits ini lantaran Salam Al Madaini dan Zaid Al ‘Ami. Salam Al Madaini adalah orang yang dtuduh sebagai pendusta, sedangkan Zaid Al ‘Ami adalah perawi dhaif.

to be continued...

Search